Tiga Kata Ajaib

Ada Tiga Kata Ajaib

Tiga kata ini terbukti pernah membawa perubahan besar dalam fase-fase hidup banyak orang

1. MAAF

Jangan segan-segan untuk mengucapkan maaf. Mungkin sebagian orang merasa pantang untuk mengucapkan kata ini, karena banyak anggapan bahwa orang yang meminta maaf akan dianggap lemah, kalah, atau tidak berdaya. Benarkah? Tidak!! kata maaf dapat memunculkan sifat rendah hati, “Maaf” membuat kita bisa menerima keadaan diri kita, sebagai seorang manusia biasa yang tak mungkin luput dari kesalahan.

“Maaf” dapat membantu kita dalam ‘proses mengampuni’ diri sendiri yang pada akhirnya dapat membawa ke proses ‘mengampuni orang lain’. “Maaf” bukan berarti kalah, sebaliknya, maaf membuat kita belajar menghargai orang lain yang pada akhirnya akan membawa ‘kemenangan tak terduga’ pada diri kita. “Maaf” memberi pelajaran bahwa ‘kebenaran adalah hak bagi semua orang’.Bahkan, kadangkala “maaf” dapat membuat musuh-musuh kita malu, malu akan dirinya sendiri, malu akan kesombongan dan keangkuhan yang selalu ia pegang selama ini.

 

2. TOLONG

Setiap orang tahu, kalau kita adalah makhluk sosial – makhluk yang tak mungkin mampu hidup sendiri tanpa orang lain. Jadi, kata “Tolong” adalah kata yang ‘sangat wajar diucapkan’.”Tolong” membuat kita menyadari keterbatasan-keterbatasan yang ada dalam diri kita. “Tolong” membuat kita ‘lebih mampu’ menerima diri kita sendiri secara apa adanya. “Tolong” membuat kita lebih mampu untuk melihat secara jernih, apa yang bisa dan apa yang tidak bisa kita lakukan dan dalam proses lebih lanjut hal ini dapat membantu kita untuk menerima setiap kekurangan yang ada dalam diri kita.

Sebagian orang merasa ‘malu’ untuk berkata “tolong”, mengapa? Karena secara tidak sadar kita memang ‘terdidik’ untuk menjadi ‘mandiri’. Tapi ‘Mandiri’ bukan berarti kita tidak membutuhkan orang lain, mandiri bukan berarti menjadi egois dan tidak pernah melibatkan orang lain.

3. TERIMA KASIH

Terima kasih? Kata-kata yang sering kita lupakan saat kita menerima bantuan dari orang lain. Memang, bagi sebagian orang sangat sulit untuk mengucapkan ini.Kenapa?karena “terima kasih” membutuhkan ketulusan, “terima kasih” membutuhkan tatapan mata yang hangat, “terima kasih” membutuhkan sentuhan kasih dan kita cenderung lupa akan hal-hal ini.Kita harus menyadari, bahwa sebenarnya bantuan yang diberikan orang lain kepada kita, apapun itu, tidak akan bisa tergantikan.Kenapa?karena tidak akan ada budi yang bisa terbalaskan, mata tidak mungkin diganti dengan mata dan hidup tidak akan mungkin digantikan dengan hidup!

Bagaimana jika yang memberi bantuan tersebut adalah bukan orang yang kita kenal? bagaimana jika yang memberi bantuan tersebut adalah orang tua kita? bagaimana jika yang memberi bantuan tersebut adalah seorang malaikat? dan bagaimana jika yang memberi bantuan tersebut adalah Tuhan? mampukah kita ‘membalas-Nya’ ?

Tuhan telah merakit dua kata ini untuk anda, TERIMA KASIH !! dua kata ini sudah mewakili semuanya.Dua kata ini sudah mewakili balasan apapun yang pernah diberikan oleh orang-orang di sekitar anda.

Tiga kata diatas adalah tiga kata yang luar biasa yang mampu merubah apa yang tidak mungkin menjadi mungkin dan bisa merubah seluruh kehidupan menjadi lebih baik.

 

By, ARTOMO – PMMC Pusat

About yumiyulanda
If something went wrong, don't be sad...it's just Allah's way to forgive your sins...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: