Salah Kaprah Shalat Istikharah

  • 1. Rasulullah saw mengajari sahabatnya ber-istikharah dalam setiap urusan, sebagaimana beliau mengajari surat dari Al-Qur’an
  • felixsiauw
    2. sabda Nabi, “Jika kalian ingin lakukan suatu urusan, shalatlah 2 rakaat selain shalat fardhu, lalu hendaklah berdoa:
  • felixsiauw
    3. “Ya Allah, sesungguhnya aku beristikharah pada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kepada-Mu kekuatan dengan kekuatan-Mu,”
  • felixsiauw
    4. “aku meminta kepada-Mu dengan kemuliaan-Mu. Sesungguhnya Engkau yang menakdirkan dan aku tidaklah mampu melakukannya.”
  • felixsiauw
    5. “Engkau yang Maha Tahu, sedangkan aku tidak tahu. Engkaulah yang mengetahui perkara yang gaib.”
  • felixsiauw
    6. “Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara ini baik bagiku dalam urusanku di dunia dan di akhirat,”
  • felixsiauw
    7. “maka takdirkanlah hal tersebut untukku, mudahkanlah untukku dan berkahilah ia untukku.”
  • felixsiauw
    8. “Ya Allah, jika Engkau mengetahui bahwa perkara tersebut jelek bagi agama, kehidupan, dan akhir urusanku”
  • felixsiauw
    9. “maka palingkanlah ia (kejelekan) dariku, dan palingkanlah aku darinya (kejelekan),”
  • felixsiauw
    10. “dan takdirkanlah yang terbaik untukku apapun keadaannya dan jadikanlah aku ridha dengannya”-lalu dia menyebut keinginanya-
  • felixsiauw
    11. hadits tersebut diriwayatkan Bukhari, Ahmad, Ibnu Hibban, Baihaqi dari Jabir bin Abdullah ra (pic doa) http://t.co/6BBK6Ob0
  • felixsiauw
    12. dalil shalat istikharah adl diatas, dan disyariatkan doa ini dilakukan setelah salam dalam shalat yg bukan wajib
  • felixsiauw
    13. tidak ada ayat khusus yang harus dibaca ketika istikharah | ayat apapun boleh dibaca
  • felixsiauw
    14. niat istikharah boleh pula digabung dengan semua shalat sunnah | rawatib, dhuha, tahajjud, tahiyat masjid dll
  • felixsiauw
    15. misal, setelah shalat sunnah dhuha | maka kita boleh berdoa istikharah sesudah salam
  • felixsiauw
    16. “teks hadits menunjukkan bahwa istikharah boleh stlh shalat rawatib, tahiyat masjid, atau shalat sunnah lain” – Imam An-Nawawi
  • felixsiauw
    17. jadi jelaslah bahwa istikharah adalah shalat ketika kita sudah memutuskan satu urusan, lalu menguatkan diri dengannya
  • felixsiauw
    18. atau satu urusan yang sudah kita putuskan, lalu kita menginginkan agar memantapkan diri dengannya, dengan berdoa pada Allah
  • felixsiauw
    19. “jika seseorang melakukan istikharah, maka lanjutkanlah apa yang menjadi keinginan dirinya” – Imam An-Nawawi
  • felixsiauw
    20. nah, salah kaprahnya kebanyakan kita, menganggap bahwa istikharah ibarat contekan sakti ketika ada soal pilihan berganda😀
  • felixsiauw
    21. akhirnya, saat ada pilihan apapun di-istikharahkan | bahkan pilihan2 yang sudah jelas-jelas salah juga di-istikharahkan🙂
  • felixsiauw
    22. “aku mau pacaran sama siapa ya? dia yg rambutnya cepak atau yang keriwil? istikharah dulu ah” | ngawur
  • felixsiauw
    23. “aku bingung nih, mau terima lamaran di bank A atau bank B ya? istikharah dulu ah” | sama2 ngawur
  • felixsiauw
    24. “aku lagi bimbang nih, besok mau shalat jumat atau nggak ya?” | paling ngawur nih
  • felixsiauw
    25. “aku galau nih, mau putusin pacar nggak ya? kan udah lama pacaran? istikharah dulu deh? | no comment -_-;a
  • Content from Twitter
  • felixsiauw
    26. lebih parah lagi | “aku udah istikharah, dan aku mimpiin dia, berarti Allah ridha dia jadi pacarku!” | #hening -_-a
  • felixsiauw
    27. parah juga | “setelah aku istikharah, ternyata aku terbayang-bayang wajahnya, berarti itulah yg Allah tunjukkan!” | #hening -_-a
  • felixsiauw
    28. dear all, istikharah bukan shalat magic, yg seolah jadi shortcut untuk jawaban | apalagi istikharah dalam perkara maksiat | hehe..
  • felixsiauw
    29. istikharah memang boleh ketika kita sedang dalam keadaan yg tak cenderung kemanapun | namun harus dipastikan itu hal yg bukan maksiat
  • felixsiauw
    30. idealnya, istikharah itu untuk mantapkan hati, meminta keridhaan Allah dalam bentuk kemantapan hati | artinya dia sudah memilih
  • felixsiauw
    31. maka pertanyaannya, bila istikharah bukan untuk memilih pilihan berganda, lalu bagaimana cara memilih seorang Muslim yg bingung?
  • felixsiauw
    32. Islam telah gariskan 5 hukum dalam amal: 1) wajib 2) sunnah 3) mubah 4) makruh 5) haram | semakin keatas semakin baik
  • felixsiauw
    33. jadi bila diantara 2 pilihan wajib dan sunnah, ya pilih wajib | ada pilihan antara sunnah dan makruh, ya pilih sunnah
  • felixsiauw
    34. bagaimana jika ada 2 pilihan yang sama wajibnya? ya pilih yg lebih urgen | shalat wajib sama penuhi panggilan ortu? ya shalat dulu
  • felixsiauw
    35. bagaimana jika ada 2 pilihan yang sama bolehnya? ya tinggal hitung2 manfaatnya yg mana yg lebih gede🙂
  • felixsiauw
    36. ada 2 calon, sama kayanya, sama bangsawannya, sama salihnya, tapi satunya ganteng | ya pilih yang ganteng, hehe..
  • felixsiauw
    37. bagaimana 2 pilihan sama2 haramnya? ya jangan milih | selama belum darurat (kl nggak milih mati), cari pilihan halal yg lain🙂
  • felixsiauw
    38. nah, jelas ya🙂 | jadi pilih dulu, yang mana yang paling cenderung, lalu ber-istikharahlah, minta kemantapan hati
  • felixsiauw
    39. ok, konkritnya, yang sering ditanyakan dalam istikharah kan dalam hal memilih pasangan ya?🙂
  • felixsiauw
    40. paling penting, nggak perlu istikharah bila belum siap nikah, karena itu berarti niatnya belum serius | pantaskan niat dahulu
  • felixsiauw
    41. bila sudah siap nikah, lalu niat ta’aruf | maka lihatlah apa yang calon pasangan anda miliki, imannya, sikapnya, dsb
  • felixsiauw
    42. pilihlah yang menjadi kriteria anda dalam memilih pasangan | Rasul titikberatkan agamanya, yaitu keimanan dan pengetahuan Islamnya
  • felixsiauw
    43. karena yg paham agama pastilah tanggungjawab, dewasa, pegertian, tahu tempatkan diri, sabar, dan setumpuk kebaikan lainnya
  • felixsiauw
    44. bila penuhi kriteria, ya terima lalu istikharah | bila tidak ya tinggal tolak aja, nggak perlu istikharah lagi
  • felixsiauw
    45. pemabuk, ajak maksiat pacaran, nggak bisa urus diri, gaya hidup bak anak konglomerat, childish | tolak aja, nggak usah istikharah
  • felixsiauw
    46. jadi sekali lagi, istikharah itu untuk mantapkan diri | minta Allah bimbing dalam pilihan kita yg sudah berdasar syariat-Nya
  • felixsiauw
    47. minta Allah hilangkan kejelekan dari pilihan kita, minta Allah sabarkan kita bila ada hambatan dalam pilihan kita
  • felixsiauw
    48. makanya Rasul ajarkan doa “takdirkanlah yang terbaik untukku apapun keadaannya dan jadikanlah aku ridha dengannya (pilihan kita)”
  • felixsiauw
    49. dan istikharah nggak selalu dijawab dengan mimpi, karena nggak ada hubungannya istikharah dengan mimpi
  • felixsiauw
    50. belum tentu pula setelah istikharah lantas ada hambatan, itu berarti Allah nggak ridha
  • felixsiauw
    51. selama kita tau pilihan kita berdasar syariat Allah, maka hambatan bisa jadi penambah pahala dan pengurang dosa
  • felixsiauw
    52. karena itulah kita minta kemantapan diri dengan istikharah setelah kita memutuskan berdasar syariat Allah, agar Allah kuatkan🙂
  • felixsiauw
    53. jadi, apapun urusan kebaikan yang ingin kita lakukan | ber-istikharahlah, hadirkan Allah untuk mantapkan hati
  • felixsiauw
    54. trus, gimana mau ketahui yang ini baik atau buruk? | nah, ini nggak bisa kalo nggak ikut kajian Islam! hehe..🙂

About yumiyulanda
If something went wrong, don't be sad...it's just Allah's way to forgive your sins...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: