Segelas Air

Segelas Air

By jamilazzaini ⋅ August 8, 2012 ⋅ Post a comment

Ada kisah menarik tentang Khalifah Harun Al Rasyid yang memerintah pada 786-809 Masehi. Suatu ketika ia duduk gelisah memikirkan arti kehidupan. Dalam suasana demikian akhirnya ia mengundang salah seorang ulama terkemuka pada masa itu, yaitu Abu As-Samak.

“Nasihatiah aku,” pinta khalifah. Pada saat yang bersamaan lewatlah seorang pelayanan membawa segelas air untuk khalifah. Sebelum beliau meminumnya, Abu As-Samak berkata kepada Khalifah, “Tunggu sebentar, seandainya dalam keadaan yang sangat sangat haus, sedangkan segelas air ini tidak Anda peroleh, berapakah harga yang siap Anda bayar? “Setengah dari kekayaanku,” jawab Khalifah.

Setelah itu Abu As-Samak berkata, “Silakan minum.” Selesai minum, ulama itu bertanya lagi, “Seandainya apa yang telah Anda minum sangat mendesak untuk dikeluarkan, tetapi Anda tidak mampu untuk mengeluarkannya, berapakah harga yang siap Anda bayarkan.” Khalifah Harun Al Rasyid menjawab, “Setengah dari kekayaanku.”

Setelah itu ulama itu berkata kepada Khalifah, “Kalau demikian, sadarilah bahwa seluruh kekayaan dan kekuasaan yang ada di sisimu, nilainya hanya segelas air. Tidak wajar diperebutkan dan dipertahankan tanpa hak. Ketahuilah pula betapa banyak nikmat Allah selain segelas air itu yang telah Anda nikmati, sehingga tidak wajar jika Anda tidak mensyukurinya.”

Saya yakin Anda mendapatkan pelajaran dari kisah tersebut di atas. Apakah yang bisa Anda petik? Bila ada, silakan dibagi dengan menuliskannya di bawah tulisan ini.

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

http://www.jamilazzaini.com/segelas-air/

 

About yumiyulanda
If something went wrong, don't be sad...it's just Allah's way to forgive your sins...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: