Ingin Mudah Hafal Al-Qur’an? Berolahragalah!

Ingin Mudah Hafal Al-Qur’an? Berolahragalah!

Islamedia – Menghafal Qur’an memang perlu interaksi yang baik dengan Al-Qur’an agar hafalan tetap lengket dan mudah bertambah. Selain itu mengaplikasikan apa yang sudah dihafal dan menjauhi maksiat juga merupakan syarat penting untuk menjaga hafalan. Selebihnya ikhtiar dengan metode yang tepat perlu dicoba. Ada berbagai macam metode menghafal Qur’an yang diajarkan oleh asatidz, kita bisa memilih mana yang tepat.

Salah satu ikhtiar dalam menghafal Al-Qur’an adalah dengan berolahraga. Ya, olahraga. Karena olahraga bisa membuat otak menjadi lebih muda dan lebih cerdas serta kuat hafalannya.

Peneliti menemukan bahwa olahraga dengan aktif dapat melindungi otak dan meningkatkan daya ingat alias kekuatan memori. Menurut ilmuwan dari Cheng Kung University, Taiwan, aktivitas fisik dapat merangsang pembentukan ‘agen’ khusus pada otak yang mendorong pematangan neuron lebih cepat.

Selama meneliti, ilmuwan menggunakan roda berjalan pada tikus. Sebagian tikus-tikus dari kelompok kontrol hanya makan dan tidur. Selama percobaan berlangusng, peneliti mengamati pematangan neuron. Tikus yang lebih aktif, mengalami pematangan neuron lebih cepat.

Menurut peneliti, gaya hidup aktif dapat membuat neuron matang dua kali lebih cepat. Semakin banyak dan cepat pematangan neuron, semakin baik pula memori, konsentrasi, penalaran, dan fungsi otak lainnya.(met/geniusbeauty)

About yumiyulanda
If something went wrong, don't be sad...it's just Allah's way to forgive your sins...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: