Kultwit @Yusuf_Mansur – #masukkubur

Kultwit @Yusuf_Mansur – #masukkubur

Assalamualaikum,

Alhamdulillah hari ini sempat kirim kultwit lagi. Saya pengen sharing keutamaan di hari Jumat, salah satunya membaca Surat Al Kahfi ayat 1-10. Banyak keutamaannya, modal atau investasi kita untuk masa yang akan datang. Kenapa investasi, karena telah dijelaskan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam adalah untuk menangkal fitnah Dajjal. Yaitu dengan membaca dan menghafal beberapa ayat dari surat Al-Kahfi. Sebagian riwayat menerangkan sepuluh yang pertama, sebagian keterangan lagi sepuluh ayat terakhir.

Imam Muslim meriwayatkan dari hadits al-Nawas bin Sam’an yang cukup panjang, yang di dalam riwayat tersebut Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,  “Maka barangsiapa di antara kamu yang mendapatinya (mendapati zaman Dajjal) hendaknya ia membacakan atasnya ayat-ayat permulaan surat al-Kahfi.

Ust Ihsan Tanjung, menguraikan dalam tulisannya tentang riwayat dajjal, boleh simak kisahnya di blog kami www.irajimmy.com, Kisah Dajjal yang saya upload akhir pekan lalu.

Oya, buat teman-teman yang ingin mendapatkan buku Kuliah Tauhid ust @Yusuf_Mansur untuk teman-teman yang di kantor bisa di pesan melalui mba Defianti, ext 709
Untuk yang di luar kantor boleh sms istri saya di 0812.21.456.21 harganya Rp 100.000 belum termasuk ongkir.

Mohon maaf yaa dalam email ini saya melampirkan promosi buku ust Yusuf Mansur, karena dengan membeli buku tersebut, kita juga bersedekah 15% untuk santri Daarul Quran, para penghafal al quran yang janji-Nya akan dimuliakan Allah swt. Isinya juga mengandung banyak pesan untuk keselamatan dan kebaikan untuk diri kita, keluarga, kerabat dan sahabat semua..
Insya Allah, kalau kita membantu agama-Nya, kita akan dibantu juga dari jalan mana saja oleh-Nya dengan ribuan tentara malaikatnya.
Allahumma shali alla Muhammad. ..

Semoga berkenan, wassalamualaikum.
JWB

#masukkubur 1. Kalo saya kultwit malam ini, emangnya sempet baca…? Panjang loh… yang lama udah dibaca belom…? Suasana hatinya pada gmn…?
#masukkubur 2. “Mustafa…!!!” Laki2 yang mendatangi Mustafa,lama2 berwajah seram betul. “Berani2nya Kamu masuk kubur…???!!!”
#masukkubur 3. Mustafa trdiam. Bingung. Takut. Mustafa cerita sama saya, “Suf, keringet saya segede2 jagung…”.
#masukkubur 4. Air mata saya sudah menetes, saat keluar dari rumahnya. Kami kembali duduk di serambi keamanan, di gerbang pondoknya Mustafa.
#masukkubur 5. Tambah menetes ketika kemudian Mustafa mulai bercerita. Duh ya Allah, saya ngga ada secuilnya Mustafa.
#masukkubur 6. Duren yang trhidang di antara kami, rasanya sulit saya makan. Saya melihat rumah beliau tsb.
#masukkubur 7. Tahun itu tahun 2003. Tahun di mana saya masih sgtt2 bermasalah di ursn finansial. Namun Allah masih meneteskan Kasih Sayang-Nya.
#masukkubur 8. Saya melihat lagi pick-up bututnya Mustafa. Kenangan saya ber-flash-back ke masa2 kami kuliah…
#masukkubur 9. Semasa kuliah, kami2 masih jarang banget yang bawa motor, beliau udah naik kijang Grand Extra baru, kadang juga New Corolla.
#masukkubur 10. 2004, saya mengunjungi Mustafa. Di kediamannya. yang sekaligus menjadi komplek pesantren.
#masukkubur 11. Mustafa melanjutkan kisahnya… “… Keringat saya keluar segede2 jagung Suf… Ketakutan. Merinding. Nih malaikat nanya…
#masukkubur 12. “… Berani2nya saya masuk kubur…”. Tambah lagi saya ketakutan saat malaikat nanya…
#masukkubur 13. “Amal apa yang Kamu banggain? yang bisa nyelametin Kamu dari siksa kubur? Sampe Kamu berani masuk sini?!”
#masukkubur 14. Mustafa cerita, “Saya binggguuuuuunnnngggg… Saya udah meninggal apa yak…???” Tanyanya pada diri sendiri…
#masukkubur 15. “Tapi nyatanya saya udah di sini. Udah di kuburan…!!! Oh, rupanya begini wajah malaikat kubur…”
#masukkubur 17. Saya inget lagi pertanyaan ini malaikat, begitu Mustafa meneruskan kisahnya. Amal apa yang dibanggain? yang bisa nyelametin…
#masukkubur 18. Semakin saya berpikir, semakin saya ngga ketemu jawabannya. Dan semakin merinding saya dibuatnya. Saya merasa ngga bakal selamet..
#masukkubur 19. OL braders n sisters… Mustafa ini bukan orang jahat. Tidak pula nakal.
#masukkubur 20. Saya mengenal beliau, sebagai alumni Daarurohmaan. Pesantren pimpinan Kyai Syukron Makmun. Lurus malahan. Baik pula.
#masukkubur 21. Beliau ini baik sekali. Kesukaannya duren. Sama Dengan saya. Tapi ada bedanya Dengan saya, dalam hal beli duren.
#masukkubur 22. Kalau beliau beli duren, beliau beli sekalian tukang2nya…
#masukkubur 23. Ya. karena uangnya banyak, dia kalo beli duren, diborong sekalian tukang2nya. Maksudnya, sekalian buat ngupasin.
#masukkubur 24. Satu saat saya nanya sama beliau, banyak amat Ji Mus? Beliau blg, ngga apa2. Nyenengin abangnya. Durennya dibagi2in.
#masukkubur 25. Beda banget sama saya. Saya beli pas2an aja. Palingan bawa bbrp buat orang rumah.
#masukkubur 26. Jidat Mustafa beda juga sama saya. Sejak jadi temen kuliah, jidatnya udah ada tanda sujud.
#masukkubur 27. Dengan sgl yang saya tau tentang kesalehan&amal beliau, beliau masih ketakutan&ga siap. Pegimana saya???
#masukkubur 28. Di serambi keamanan pondok, di gerbang pesantren, air mata saya terus mengalir mendengar kisahnya.
#masukkubur 29. Seraya saya saat itu berdoa, agar bisa melakukan yang Mustafa lakukan, setelah peristiwa masuk kubur.
#masukkubur 30. Oh ya, ada yang lupa. Salah. Bukan 2004. Tapi 2003. Tahun di mana saya atas izin Allah, belajar tentang #sedekahterbaik.
#masukkubur 31. Betul. Tahun 2003. Bukan 2004. Tahun di mana saya belajar tentang ngenolin harga. Meresetnya jadi 0:0.
#masukkubur 32. Tahun 2003, pasca ketemu Mustafa, atas izin Allah, saya menyedekahkan 100% royalti buku saya, yang trnyata jmlhnya milyaran.
#masukkubur 33. To be continued… Udah masuk rumah… Lihat situasi dulu. Kalo diizinkan sama istri, saya lanjut… Doain yaaa…
#masukkubur 34. Horeeeeee…!!! Diiziniiiiiiinnnn… Tapi baca al Mulk dulu yah… Takut keburu ngantuk… Takutnya masuk kubur malam ini…
#masukkubur 35. Saya kasih tau Wirda, dan semua yang ikut di rumah saya, baca al Mulk dulu. Surah Tabaarok. Surah ke-67. Sebelom tidur.
#masukkubur 36. Jaga2 dicabut nyawa malam ini, jadinya udah siapan dikit.
#masukkubur 37. Wirda nanya, “Dosa diampunin ya Pah?” “Iya.” “Semuanya?” “Ya, semuanya. Sampe bikin dosa baru lagi.”
#masukkubur 38. Wirda trsenyum, saat saya bilang, termasuk dosa shubuh kesiangan, he he. Seneng banget dia… “Siap Pah…!!!”
#masukkubur 39. Kalo baca al Mulk sebelum tidur, ia penyelamat di alam kubur. ngga ada dah Mudah-mudahan pertanyaan yang ngeribedin kayak Mustafa.
#masukkubur 40. Ok, break dulu. Kita baca dulu al Mulk ya. Semoga semua fadhilah surah ini kita dapat Baik yang diketahui, maupun yang tidak.
#masukkubur 41. Malam ini malam Jum’at. kalau sempet, tambahin Dengan surah al Kahfi ya. Al Mulk… Bismillaah… Tabaarokalladzii biyadihilmulk…
#masukkubur 42. Bismillaahirrahmaanirrahiim… Kita mulai lagi kah…? Belom ngantuk kah…? Niatin ibadah ya. Nuntut ilmu. Bismillaah…
#masukkubur 43. Mustafa ini bos saya. Saya mulai dagang tahun ’92-an. Saya kuliah di IAIN umur 14th. He he he, masih bocah.
#masukkubur 44. Saya masuk SD nya kecepetan. Umur 3th udah kelas 1. Kenapa bisa? sebab sekolahnya punya sendiri, ha ha ha.
#masukkubur 45. ’94 mulai kenalan sama Mustafa. 1 kampus. 1 fakultas. Beda jurusan. Sama Mustafa ini saya disupport. Alhamdulillaah.
#masukkubur 46. Seperti saya cerita, Mustafa ini bukan maen kayanya. Setidaknya ukuran anak2 IAIN, he he. Tapi ya emang kaya dah.
#masukkubur 47. Dan Mustafa ini saleh orangnya. ngga demen bercanda. ngga demen nongkrong. Baca kitab kuning gundul, gape banget. Kita2…?
#masukkubur 48. Baca kitab yang bertuliskan arab berewokan aja, ngga bisa, he he he. Apalagi yang gundul. Mustafa jadi ustadz duluan ketimbang saya.
#masukkubur 49. lebih saleh, lebih ‘alim, lebih lurus, lebih lempeng. Kira2 habis KKN, kami ngga ketemu lagi. Mustafa lulus tahun ’97 kalau ga salah.
#masukkubur 50. Saya alhamdulillaah th ’97, DO…!!! He he he. Nah, terus ngga ketemu2 dah…
#masukkubur 51. Ketemu2 lagi 2003 itu. Di satu serambi masjid kami ketemu. Saya senang banget ketemu beliau. sebab saya punya hutang! He he.
#masukkubur 52. Nah kan sebab ketemu, saya bisa minta doanya beliau agar hutang saya ke beliau bisa lunas. 2003, hutang saya masih SEGUNUNG…
#masukkubur 53. Alhamdulillaah, Mustafa ngasih wkt buat saya. Semua atas izin Allah. Beliau memang baik sekali.
#masukkubur 54. Saat ketemu, beliau Sedang ambil S2. No wonder. sebab beliau emang puinter. Dan dedikasinya terhadap ilmu, masyaAllah. Kaya, saleh…
#masukkubur 55. Plus pinter… Wuah, bahagia sekali yang menjadi istri dan ibunya… Saya ngiri sama beliau.
#masukkubur 55. “Suf… Maen dong ke pesantren saya…” Wuah, pesantren… Tambah punya pesantren pula.
#masukkubur 56. Tadi mestinya 56 ya? Ya, maaf ya. Wajah Mustafa bertambah ademnya. Tawadhu’nya tambah kelihatan. Wibawa banget.
#masukkubur 57. Mustafa pun tinggi besar? Saya? He he he, liat aja saya besok Jum’at di TVONE. Jam 8 pagi. tapi jangan diukur tingginya ya, he7x.
#masukkubur 58. “Antum dah punya pesantren?” tanya saya. “Iya. Alhamdulillaah. Maen ya. Liat2, dan doain…”
#masukkubur 59. Wuah, Mustafa minta didoakan… Menetes betul air mata saya. Saya banyak salahnya sama beliau. Hutang pun masih ada.
#masukkubur 60. Koq ya saya masih dimintanya silaturahim, dan minta didoakan. Matanya, senyumnya, tulus. ngga maen2…
#masukkubur 62. “InsyaAllah Ji Mus. InsyaAllah saya maen.” Saya di 2003 belum punya pesantren. Belom ada nama Daarul Qur’an. Baru Wisatahati.
#masukkubur 63. “Di mana Ji pesantrennya?” “Di Cileungsi.” “Apa namanya?” “Daarul Mughni.” Ngambil berkah nama babeh,” kata beliau.
#masukkubur 64. Wuah… Nmr 61 kelewat lagi… Duh duh duh… Lanjut aja dah… Setelah dapat alamat&ancang2nya, saya ke sana.
#masukkubur 65. Pas hari H, saya beli duren dulu. Mengenang beliau. Mengenang pertemanan kami. Saat kami usaha di bidang komputer&edukasi.
#masukkubur 66. Rencananya saya mau makan bersama beliau. Sengaja ngga ada duren yang saya buka dan cicipi. Biar bareng2.
#masukkubur 67. Alhamdulillaah… setelah ngikutin petunjuk arahnya, saya kemudian menemukan 1 belokan lagi menuju pesantren dimaksud.
#masukkubur 68. Pas masuk komplek, sebelum gerbang utama pesantren Daarul Mughni, sblh kiri saya, ada rumah mewah, yang beda banget Dengan yang lain.
#masukkubur 69. Dalam hati saya, oh ini nih rumahnya Mustafa… Rumah kyainya pesantren ini. Namuuuuuunnn, koq di luar pesantrenya?
#masukkubur 70. Ya, di luar pesantren lokasinya, walo dempetan sama tembok pager pesantren. Saya masuk ke dlm, santri2 dah nyambut.
#masukkubur 71. “Ustadz Yusuf ya?”, tanya santri2 yang jaga gerbang. He he he, 2003, masih belom dikenal. Berdiri di halte juga ngga ada yang moto…
#masukkubur 72. “Ada Haji Mustafanya?” “Ada. Dah ditunggu Stadz.” Sejak di mobil, pas melewati gerbang, pandangan saya terganggu.
#masukkubur 73. Terganggu Dengan rumah persis di belakang gerbang utama. Jadi, pas masuk, saya ngeliat rumah ini. Paaaasss di gerbang banget.
#masukkubur 74. Dan rumah ini, jelek banget2. Jelek kuadrat. Jadi ngeganggu komposisi keindahan pesantren. Dari kayu tua, lusuh. Rumah lama.
#masukkubur 75. Dan rumah ini begitu kecil. Tertutup pula. Sepi. Saya berpikir, “Mungkin ini rumah penduduk yang ngga mau dibayarin pesantren.”
#masukkubur 76. Saya brpikir lagi, kenapa Mustafa membiarkan rumah jelek ini, dan ngebangun rumah di luar pager pesantren?
#masukkubur 77. Tapi cepat saya mengingatkan diri saya, “Ah, bukan urusan saya…”. Saya memilih menikmati suasana pondok&pertemuan Dengan Mustafa.
#masukkubur 78. Mustafa ngelirik mobil saya. Escudo 2.0i. Saya melirik mobil dia, ngga ada…!!! Ya, ngga ada mobil2 mewah yang saya liat sblmnya.
#masukkubur 79. Kecuali mobil pick-up, yang juga maaf, jelek. He he he, sombong ya? Ini cerita loh… Ngalirnya emang begitu.
#masukkubur 80. “Ji Mus… Kemana mobil2 antum…?” Antum itu=Kamu, Anda, dalam bahasa sopannya bhs arab. “Dijual,” jawabnya enteng. #masukkubur
#masukkubur 81. “Pick-Up ini…?” “Ya, disisain ini. Buat angkut2 barang belanjaan kebutuhan santri…” “Ooooohhh…”
#masukkubur 82. Kami liat2 pesantren. Muter2. “Ji Mus, saya bawa duren nih…”. Mustafa tertawa. “Masih inget aja…”
#masukkubur 83. Selesai keliling, saya buka bagasi Escudo2.0i. Ngmbl duren. Malu juga. Saya yang punya hutang, malah mobilnya Escudo, he he.
#masukkubur 84. “Makan di mana nih?” Mustafa jawab, “Di situ aja. Di serambi keamanan…”. Di gerbang tadi.
#masukkubur 85. Dari sini tweet2 ini bermula kisahnya… Subhaanallaah… Maha Indah Allah memberi kesempatan saya mengajar malam ini…
#masukkubur 86. Saya kangen Mustafa. Saya hampir nangis lagi nih. Cengeng. Melo. Besok di ANTV, saya sudah rekaman. Mengisahkan kisah ini…
#masukkubur 87. Di ujung acara ANTV episode besok, saya katakan, saya kangen sama Mustafa. Kangen sama wajah salehnya… Senyum salehnya…
#masukkubur 88. HP saya baru. Dakota. He he, ini mo saya lelang. Silahkan kalau ada yang mau beli. Duitnya bagiin sendiri. @masmono08 yang menang.
#masukkubur 89. Cuma beloman diambil beliau. Nah, di HP lama, nmrnya Mustafa. tapi saya yakin, kisah di ANTV, dan di Twitter ini, bakal nyampe.
#masukkubur 90. Duren2 dibawa ke serambi keamanan. Sekali lagi saya melijat rumah jelek yang kecil ini. Tapi saya ngga berani nanya.
#masukkubur 91. Saya pernah ke rumahnya Mustafa. Gede betul. Pintunya, 2 setengah kali saya.
#masukkubur 93. Sorry, 92 kepencet. Menghina betul nih pintu, begitu kata saya dulu. Koq ya bisa lebih tinggi nih pintu kemana2, he he he.
#masukkubur 94. Saat itu Mustafa beli lemari. Lemarinya ngga dibongkar. Kata Mustafa, “Pintu saya gede. Lemari ini insyaAllah langsung muat…”
#masukkubur 95. Tapi kami terkekeh kekeh. Trnyata lemari ini masih lebih besar sekian cm.
#masukkubur 96. “He he, trnyt masih ada yang lebih tinggi dari pintu saya,” kata Mustafa. Lemari dipotong. Kalo saya, ngga usah dipotong, ha ha ha.
#masukkubur Begitulah pintu rumahnya Mustafa. Pintu yang saya kenal. Dari rumah mewahnya beliau. Dan di dalam rumah mewah itu, penghuninya saleh.
#masukkubur 98. yang tadi ngga ada nomornya ya? Tadi 97. Jadi sekarang 98.
#masukkubur 99. Skrng, di serambi keamanan pondok, saya memandang rumah di depan mata saya. Serambi ini, menghadap ke rumah itu.
#masukkubur 100. sekarang masuk nih ke nmr2 penting. Don’t go anywhere… I’ll be back… Soon… Istirahat bentar. Jempol keriting, he he.
#masukkubur 102. Sampe mana ya? Sampe mata saya ngeliat rumah kecil nan jelek. Ok.
#masukkubur 103. Pas mau makan duren, Mustafa bilang, “Suf, ke rumah saya yuk sebentar. Doain rumah saya…” Saya mengangguk.
#masukkubur 104. Mustafa bangun, saya bangun. Mustafa nyarisendal, saya nyari sendal juga. Mustafa berdiri, saya berdiri juga…
#masukkubur 105. Mustafa bergerak, jalan, saya bergerak dan jalan pula. Saya menuju ke gerbang. Gerakan badan saya, memutar, menuju gerbang.
#masukkubur 106. Mustafa tertawa, “Mau kemana Suf?”
#masukkubur 107. “Lah, katanya mau ke rumah antum?” Bahasa tubuh saya seolah menegaskan, “Yg itu kan? yang di luar itu?” Mustafa tersenyum.
#masukkubur 108. “He he he, banyak yang mengira, rumah saya di sana. Bukan. Rumah saya yang ini….”. Katanya sambil bergerak jalan…
#masukkubur 109. Ya Allah… Merinding saya. Saya mengenal tentang beliau. Melihat beliau jalan, saya ngikutin arah jalannya beliau.
#masukkubur 110. Trnyata bener. ngga salah. rumah yang saya bilang jelek, mengganggu pesantren, adalah rumahnya Mustafa sendiri!!!
#masukkubur 111. Bagaimana bisa…??? Tanya saya dalam hati. Dengan suasana hati ngga keruan.
#masukkubur 112. “Assalaamu’alaikum…”, salam Mustafa, sambil ngedorong pintu nan kecil itu…
#masukkubur 113. Mustafa mempersilahkan masuk. Saya liat Mustafa membungkuk. Saya pun masuk. Dan masyaAllah… Saya pun harus membungkuk…!!!
#masukkubur 114. Pintu begitu pendek. Kecil. Shingga saya sendiri harus membungkukkan kepala saya agar tidak kejedot atasnya pintu.
#masukkubur 115. Saya liat sekeliling rumah kecil ini. Tak ada peralatan apa2! Alat masaknya, dari kayu api. Ditiup romannya buat nyalain api.
#masukkubur 116. Saya menggeleng2kan kepala, tanpa keliatan Mustafa. “Suf, ayo doain dulu. Maaf, istri saya udah tidur rupanya.”
#masukkubur 117. Ya Allah, entahlah dulu perasaan saya apa. Mustafa anaknya 7. Istrinya adalah ‘Azizah. termasuk bidadari kampus.
#masukkubur 119. Apa yang terjadi Dengan Mustafa. Sekilas saya liat, anak2nya tidur di tiker. Dan hampir pasti ngga ada tempat tidur.
#masukkubur 120. Koq bisa…? Begitu saya terus bertanya dalam hati.
#masukkubur 121. Usai doa, kami balik lagi ke serambi keamanan.
#masukkubur 122. “Ji Mus… Maaf… Apa yang ssungguhnya trjadi…? Saya lalu ngomong sedikit tentang apa yang di hati saya…
#masukkubur 123. Mustafa jawab, “Ya udah, tadinya saya ngga mau cerita. Tapi Mudah-mudahan jadi kebaikan buat antum Suf…”
#masukkubur 124. Mulailah Mustafa cerita apa yang saya ceritakan di nmr2 awal.
#masukkubur 125. “Alhamdulillaah Suf. Saya bangun dari tidur saya. Rupanya saya bermimpi,” Mustafa bertutur. Dia mimpi masuk kubur.
#masukkubur 126. Begitu nyata katanya. Sehingga seperti beneran. “Ini baru mimpi gimana beneran?”, katanya.
#masukkubur 127. Tanpa buang waktu, Mustafa cerita ke istrinya, Azizah. tentang apa yang terjadi dalam mimpinya.
#masukkubur 128. bahwa ketika dia ditanya sama malaikat, apa amal yang dibanggakan? Hingga berani masuk kubur? Trnyt tak ada. Mustafa ketakutan.
#masukkubur 129. Akhirnya beliau&istrinya sepakat untuk menjual semua hartanya, di Jalan Allah. Menukarnya dengan sebuah pesantren.

 

About yumiyulanda
If something went wrong, don't be sad...it's just Allah's way to forgive your sins...

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: